Rabu, 28 Agustus 2013

LAPORAN KEGIATAN BANTUAN KOMUNIKASI (BANKOM) LEBARAN 2013

PANITIA BANKOM LEBARAN 2013 ( 1434 H )
RADIO ANTAR PENDUDUK INDONESIA
KABUPATEN TULANG BAWANG
Jln Lintas Timur Unit II Tulang Bawang Kode Pos 34595


LAPORAN KEGIATAN
BANTUAN KOMUNIKASI (BANKOM) LEBARAN 2013


A. PENDAHULUAN
 
Laporan ini merupakan dokumentasi kegiatan dan evaluasi kegiatan dari BANKOM LEBARAN tahun 2013 yang dilakukan oleh RAPI KABUPATEN TULANG BAWANG. Yang dimaksud dengan bantuan komunikasi adalah penyelenggaraan sistem informasi dalam bentuk komunikasi melalui media radio komunikasi yang menggunakan frekuensi yang telah ditentukan oleh/bersama instansi yang berwenang.
Bantuan komunikasi ini sifatnya adalah koordinasi bersama dengan instansi resmi yang terlibat dalam penanganan bantuan seperti dengan Kepolisian, Dinas Perhubungan, dll.
RAPI merupakan organisasi kemasyarakatan yang didasari atas kesamaan kegemaran berkomunikasi radio antar penduduk dan tidak memihak kepada salah satu organisasi sosial politik.
RAPI dalam kegiatan komunikasinya berfungsi sebagai alat pemersatu bangsa yang menghubungkan seluruh wilayah Nusantara sebagai satu kesatuan. Membantu pemerintah dibidang komunikasi radio dalam menangani masalah sosial, terutama dalam penanggulangan bencana alam yang terjadi di Tanah Air.

B. DASAR HUKUM :

  1. Anggaran Dasar dan Rumah Tangga (AD/ART) Radio Antar Penduduk Indonesia.
  2. Sesuai dengan Surat Direktur Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan, Ditjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan RI Nomor : UM.202/29/7/DJPD/2013 tanggal 10 Juli 2013 tentang Persiapan Pos Koordinasi (POSKO) Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2013 (1434 H)

C. PENANGGUNG JAWAB & TIM KEGIATAN

  1. Sebagai Penanggung Jawab kegiatan adalah Ketua RAPI KABUPATEN TULANG BAWANG.
  2. Sebagai Koordinator Pelaksana Kegiatan BANKOM LEBARAN TAHUN 2013 adalah Pegurus RAPI KECAMATAN BANJAR AGUNG.
  3. Jumlah Tim Kerja berjumlah 30 (tiga puluh) orang, sebagai berikut :

No NAMA             CALL SIGN
 
  1. Suwadi            JZ 08 IJP
  2. Eko Suyanto        JZ 08 ILR
  3. A. Poniman        JZ 08 IBB
  4. A.Sugianto        JZ 08 ITO
  5. Safrudin            JZ 08 IDG
  6. Sugeng Prasetyo        JZ 08 IYV
  7. Nur Kholis            JZ 08 IVC
  8. Sunardi            JZ 08 ICN
  9. Sunardi            JZ 08 IDS
  10. Suparman            JZ 08
  11. Sulis            JZ 08 IGD
  12. Dwi Susilo            JZ 08
  13. Mulyono            JZ 08
  14. Sampan            JZ 08 ILB
  15. Rudi Hartono        JZ 08 IBR
  16. Efendi            JZ 08 IEF
  17. Empi            JZ 08
  18. Asmawi            JZ 08 IPA
  19. Raden Cipto G        JZ 08 IRR
  20. Munawar            JZ 08
  21. Triono            JZ 08 IWH
  22. Handoko            JZ 08
  23. Kakung            JZ 08
  24. Tohar            JZ 08
  25. Galih            JZ 08 IIN
  26. Sosro            JZ 08
  27. Rian            JZ 08 IKI
  28. Andi            JZ 08
  29. Unung            JZ 08
  30. Edi Sujarwo        JZ 08 IPK

D. WAKTU KEGIATAN

 1 Juli 2013 – 15 Juli 2013

E. LOKASI POSKO BANKOM

 Sekretariat RAPI Kabupaten Tulang Bawang Jln Lintas Timur Unit II Tulang Bawang.

F. KOORDINASI INTEREN

Sebelum kegiatan BANKOM LEBARAN 2013 ini dimulai, terlebih dahulu sudah dilakukan :
  1. Koordinasi dengan Pengurus RAPI KABUPATEN TULANG BAWANG dan pengurus RAPI KECAMATAN BANJAR AGUNG.
  2. Pembuatan Surat Keputusan dari RAPI KABUPATEN TULANG BAWANG untuk menunjuk Tim Kerja yang terlibat pada kegiatan dan Penggunaan Call Sign JZ08ZWH selama kegiatan berlangsung, dan dipergunakan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  3. Selama kegiatan berlangsung Tim Kerja dikoordinasikan oleh ketua/Koordinator kegiatan dalam bentuk Chek-In Net. Jadwal Chek-In Net dipublikasikan dan diberikan kepada seluruh Tim Kerja. Pelaksanaan Chek-In Net dilakukan bergilir diantara Tim Kerja.
Waktu pelaksanaan Chek-In Net :
Pagi    : 07.00 s/d 08.00
Siang    : 13.00 s/d 14.00
Malam    : 21.00 s/d 22.00 (setelah Sholat Tarawih)
Kegiatan Chek-in Net wajib diikuti oleh seluruh Tim Kerja dan dicatat dalam Log-Book.
Dari hasil kegiatan Chek In Net ini dapat dilihat Respon/tanggapan atau keaktipan dari Tim Kerja BANKOM dan Anggota RAPI yang lainnya.


G.    KELENGKAPAN di POSKO BANKOM.

  • TENDA & MEJA KURSI Tenda yang dipersiapkan adalah tenda Milik Sendiri tenda adalah 4m x 6m dan kursi plastik sejumlah 20 bh. Ditambah dengan Meja dan bangku kayu pinjaman dari JZ 08 IJP.
  • PERALATAN KOMUNIKASI & PERLENGKAPAN PENUNJANG
Peralatan yang dipergunakan :
  1. Perangkat RIG sejumlah 2 (dua) buah.
  2. Kabel Co-Axcial RG-58/Rg-8, dengan panjang kabel + 10m.
  3. Antena, menggunakan jenis yang sederhana seperti Higien, atau dapat juga menggunakan antena mobil seperti Larsen, dll.
  4. Power supply,ditambah pinjaman AKI (baterai kering) 1 bh..
  5. BENDERA RAPI dipasang di Posko, jumlah 25 (dua puluh lima) buah.
  6. BENDERA RAPI segitiga digunakan di kendaraan bermotor tim yang terlibat.
  7. STIKER “BANKOM RAPI” ditempel di Mobil Tim yang terlibat.
  8. SPANDUK INFORMASI FREKUENSI jumlah 4 Bh, dipasang diposko 1 bh, dan dibatas masuk Tulang Bawang, sejumlah 2 bh.
  9. REPEATER yang bekerja di frekuensi RX 143.250 Mhz TX 141.950 Mhz
  • MAKANAN & MINUMAN RINGAN (Air mineral), sejumlah 10 (sepuluh) karton berasal dari dana iuran bersama, untuk Tamu yang berkunjung ke Posko Bankom Lebaran.

H.    BIAYA KEGIATAN :

Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) adalah sebuah organisasi sosial, maka untuk sumber dana kegiatan ini adalah dari sumbangan Anggota . Biaya pelaksanaan kegiatan ini sejumlah Rp. 2.230.000,- yang terdiri dari 2 kelompok kegiatan, yaitu Kelompok I adalah Biaya untuk Perawatan/Perbaikan Repeater dan Kelompok II adalah Biaya untuk Kegiatan BANKOM LEBARAN 2013.

I.    EVALUASI KEGIATAN :
1.    KEGIATAN PENDUKUNG / CHEK IN NET :
  • Jumlah hari Chek In Net dari H-7 sampai H=7  adalah 12 hari. Dari 12 hari tersebut jumlah total Chek In Net sebanyak 16 kali Chek In Net.
2.    PENGGUNAAN FREKUENSI :
  • Secara umum dari keseluruhan kegiatan BANKOM LEBARAN 2013, penggunaan frekuensi RX 143.250 Mhz dan TX 141.950 Mhz ( RPU Kabupaten Tulang Bawang ) sebagai Frekuensi BANKOM LEBARAN 2013 berfungsi secara baik, tertib dan lancar serta tidak ada gangguan terhadap frekuensi tersebut.
  • Penggunaan 10-28 dan Kode 10 di Frekuensi RX 143.250 Mhz dan TX 141.950 Mhz ( RPU Kabupaten Tulang Bawang ) selama BANKOM LEBARAN 2013 sangat baik.
  • Partisipasi dari rekan-rekan RAPI Kabupaten Tulang Bawang sangat positip, dan sangat membantu sekali terhadap pemantauan dan pemanduan rekan-rekan yang datang dari luar daerah yang menggunakan radio Komunikasi.

3.    POSKO BANKOM & PERLENGKAPANNYA :
  • LOKASI Posko Bankom terletak di depan Sekretariat RAPI Kabupaten Tulang Bawang, letak POSKO sangat strategis karena terletak pada Jalan Lintas Timur.
  • PERLENGKAPAN POSKO BANKOM Perlengkapan komunikasi yang digunakan untuk menunjang kelancaran kegiatan komunikasi sudah lengkap, khususnya untuk penggunaan radio di Band VHF (2 meter band).
  • TENAGA/TIM KERJA BANKOM Karena kesulitan mendapatkan tenaga sukarela yang bersedia untuk menjaga POSKO BANKOM, maka sistem kerja BANKOM LEBARAN 2013 Kabupaten Tulang Bawang ini adalah dengan cara di jadwal piket.Sementara anggota yang lain tidak piket Memonitor Frekuensi BANKOM dari rumah masing-masing, dimana Anggota Tim Kerja BANKOM RAPI berjumlah 30 orang wajib stand by di frekuensi RX 143.250 Mhz dan TX 141.950 Mhz ( RPU Kabupaten Tulang Bawang )

4.    HASIL KEGIATAN

Hasil dari kegiatan ini ternyata ada 2 kelompok pemudik/pengendara yang dapat kita bantu dalam kelancaran perjalanannya yaitu Pemudik Umum/tidak menggunakan radio komunikasi dan Pemudik yang menggunakan radio komunikasi. Untuk pengendara Umum mereka mendapatkan Brosur peta perjalanan yang disediakan di Posko. Sedangkan untuk pengendara yang menggunakan radio dipandu perjalanannya untuk melewati kota Tulang bawang dan diberikan informasi tentang frekuensi yang ada di kota-kota yang akan dilaluinya.

5.    USULAN RENCANA PERBAIKAN/PENYEMPURNAAN KEGIATAN

  • Perlu dilakukan kerjasama dengan organisasi lainnya untuk mendapatkan dukungan tenaga sukarelawan untuk menjaga POSKO BANKOM tersebut, seperti dari Pramuka, PMI atau dari organisasi Pemuda yang ada di Kabupaten Tulang Bawang.
  • Perlu pengajuan proposal kegiatan yang lebih awal kepada Instansi (Pramuka, PMI, Depsos) atau kelompok usaha lainnya agar dapat didukung dalam hal penyediaan Tenda, Umbul-umbul, bendera dlsb.
  • Perlu dukungan dari organisasi RAPI khususnya RAPI Provinsi LAMPUNG dalam dukungan perijinan untuk mendapatkan bantuan biaya penyelenggaraan khususnya untuk konsumsi.

J.    PENUTUP

Demikian Laporan Kegiatan BANKOM yang di selenggarakan oleh anggota serta pengurus RAPI Kabupaten Tulang Bawang yang di koordinasi oleh pengurus RAPI Kecamatan Banjar Agung ini dibuat dan harap maklum.



Panitian BANKOM 2013



K e t u a                                                                   Sekretaris




  
Segeng Prasetyo                                                      Ahmad Poniman
JZ 08 IYV                                                                JZ 08 IBB

0 komentar:

Posting Komentar