Kali ini saya akan memberikan jawaban-jawaban umum yang sering dipertanyakan dalam hal berorganisasi. yang dirangku dari berbagai sumber, mudah-mudahan membantu rekan-rekan semua
1
|
Apa
ciri-ciri dari organisasi ?
a. Adanya suatu
kelompok orang yang dapat dikenal dan saling mengenal
b. Adanya
kegiatan yang berbeda-beda, tetapi satu sama lain saling berkaitan
c. (interdependent
part) yang merupakan kesatuan kegiatan
d. Tiap-tiap
orang memberikan sumbangan atau kontribusinya berupa pemikiran, tenaga,
kemampua
e. Adanya
kewenangan, koordinasi dan pengawasan
f. Adanya
tujuan yang ingin dicapai
|
2
|
Jelaskan
beberapa prinsip penting dari organisasi ?
a. Prinsip
Skala Hirarkhi artinya dalam suatu organisasi harus ada garis kewenangan yang
jelas dari pimpinan, pembantu pimpinan sampai pelaksana, sehingga dapat mempertegas
dalam pendelegasian wewenang dan pertanggungjawaban, dan akan menunjang
efektivitas jalannya organisasi secara keseluruhan.
b. Prinsip
Kesatuan Perintah artinya seseorang hanya menerima perintah atau bertanggung
jawab kepada seorang atasan saja
c. Prinsip
Pendelegasian Wewenang artinya seorang pemimpin mempunyai kemampuan terbatas
dalam menjalankan pekerjaannya, sehingga perlu dilakukan pendelegasian
wewenang kepada bawahannya. Pejabat yang diberi wewenang harus dapat menjamin
tercapainya hasil yang diharapkan. Dalam pendelegasian, wewenang yang
dilimpahkan meliputi kewenangan dalam pengambilan keputusan, melakukan
hubungan dengan orang lain, dan mengadakan tindakan tanpa minta persetujuan
lebih dahulu kepada atasannya lagi
d. Prinsip
Pertanggungjawaban artinya dalam menjalankan tugasnya setiap pegawai harus
bertanggung jawab sepenuhnya kepada atasan.
e. Prinsip
Pembagian Pekerjaan artinya dalam suatu organisasi, untuk mencapai tujuannya,
melakukan berbagai aktivitas atau kegiatan. Agar kegiatan tersebut dapat
berjalan optimal maka dilakukan pembagian tugas/pekerjaan yang didasarkan
kepada kemampuan dan keahlian dari masing-masing pegawai. Adanya kejelasan
dalam pembagian tugas, akan memperjelas dalam pendelegasian wewenang,
pertanggungjawaban, serta menunjang efektivitas jalannya organisasi.
f. Prinsip
Rentang Pengendalian artinya bahwa jumlah bawahan atau staf yang harus
dikendalikan oleh seorang atasan perlu dibatasi secara rasional. Rentang
kendali ini sesuai dengan bentuk dan tipe organisasi, semakin besar suatu
organisasi dengan jumlah pegawai yang cukup banyak, semakin kompleks rentang
pengendaliannya.
g. Prinsip
Fungsional artinya bahwa seorang pegawai dalam suatu organisasi secara
fungsional harus jelas tugas dan wewenangnya, kegiatannya, hubungan kerja,
serta tanggung jawab dari pekerjaannya.
h. Prinsip
Pemisahan artinya bahwa beban tugas pekerjaan seseorang tidak dapat
dibebankan tanggung jawabnya kepada orang lain.
i. Prinsip
Keseimbangan artinya keseimbangan antara struktur organisasi yang efektif
dengan tujuan organisasi.
j. Prinsip
Fleksibilitas artinya organisasi harus senantiasa melakukan pertumbuhan dan
perkembangan sesuai dengan dinamika organisasi sendiri (internal factor) dan
juga karena adanya pengaruh di luar organisasi (external factor), sehingga
organisasi mampu menjalankan fungsi dalam mencapai tujuannya.
k. Prinsip
Kepemimpinan artinya dalam organisasi apapun bentuknya diperlukan adanya
kepemimpinan, atau dengan kata lain organisasi mampu menjalankan aktivitasnya
karena adanya proses kepemimpinan yang digerakan oleh pemimpin organisasi
tersebut.
|
3
|
Sebutkan
beberapa pengelompokan organisasi ? jelaskan
Pengelompokan
organisasi dapat dilakukan dengan menggunakan kriteria :
a. Berdasarkan
jumlah orang yang memegang pucuk pimpinan, (1) bentuk tunggal, yaitu pucuk
pimpinan berada ditangan satu orang, semua kekuasaan dan tugas pekerjaan
bersumber kepada satu orang. (2) bentuk komisi, pimpinan organisasi merupakan
suatu dewan yang terdiri dari beberapa orang, semua kekuasaan dan tanggung
jawab dipikul oleh dewan sebagai suatu kesatuan
b. Berdasarkan
lalu lintas kekuasaan, bentuk organisasi ini meliputi; (1) organisasi lini
atau bentuk lurus, kekuasaan mengalir dari pucuk pimpinan organisasi langsung
lurus kepada para pejabat yang memimpin unit-unit dalam organisasi, (2)
bentuk lini dan staff, dalam organisasi ini pucuk pimpinan dibantu oleh staf
pimpinan ahli dengan tugas sebagai pembantu pucuk pimpinan dalam menjalankan
roda organisasi, (3) bentuk fungsional, bentuk organisasi dalam kegiatannya
dibagi dalam fungsi-fungsi yang dipimpin oleh seorang ahli dibidangnya,
dengan hubungan kerja lebih bersifat horizontal.
c. Berdasarkan
sifat hubungan personal, yaitu (1) organisasi formal, adalah organisasi yang
diatur secara resmi, seperti : organisasi pemerintahan, organisasi yang
berbadan hukum (2) organisasi informal, adalah organisasi yang terbentuk
karena hubungan bersifat pribadi, antara lain kesamaan minat atau hobby.
d. Berdasarkan
tujuan, organisasi ini dapat dibedakan, yaitu : (1) organisasi yang tujuannya
mencari keuntungan atau ‘profit oriented’ dan (2) organisasi sosial atau ‘non
profit oriented’
e. Berdasarkan
kehidupan dalam masyarakat, yaitu (1) organisasi pendidikan, (2) organisasi
kesehatan, (3) organisasi pertanian
f. Berdasarkan
fungsi dan tujuan yang dilayani, yaitu (1) Organisasi produksi, misalnya
organisasi produk makanan, (2) Organisasi berorientasi pada politik, misalnya
partai politik (3) Organisasi yang bersifat integratif, misalnya serikat
pekerja (4) Organisasi pemelihara, misalnya organisasi peduli lingkungan, dan
lain lain.
g. Berdasarkan
pihak yang memakai manfaat, organisasi ini meliputi; (1) Mutual benefit
organization, yaitu organisasi yang kemanfaatannya terutama dinikmati oleh
anggotanya, seperti koperasi, (2) Service organization, yaitu organisasi yang
kemanfaatannya dinikmati oleh pelanggan, misalnya bank, (3) Business
Organization, organisasi yang bergerak dalam dunia usaha, seperti
perusahaan-perusahaan, (4) Commonwealth organization, adalah organisasi yang
kemanfaatannya terutama dinikmati oleh masyarakat umum, seperti organisasi
pelayanan kesehatan, contohnya rumah sakit, Puskesmas.
|
4
|
Menurut
saudara, apa yang dapat disimpulkan dari kejadian perubahan atau reformasi,
dikaitkan dengan teori tentang organisasi ?
o
Secara
umum reformasi adalah suatu perubahan atau restrukturisasi terhadap konsep,
strategi atau kebijakan yang berkaitan dengan berbagai dimensi dari kehidupan
bangsa dan negara, yang mengacu kepada tata nilai, norma, budaya, falsafah
dan paradigma yang mempertimbangkan ancaman dan peluang maupun perkembangan
zaman yang harus dihadapi oleh bangsa.
o
Berdasarkan
pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa reformasi dikaitkan dengan
organisasi adalah terjadinya perubahan konsep, strategi dan kebijakan, dan
perubahan yang terjadi didasarkan pada tata nilai, norma, budaya dan falsafah
kehidupan masyarakat, serta muncul paradigma baru sebagai upaya
mengantisipasi berbagai ancaman, dengan memanfaatkan peluang yang ada.
o
Realita
adanya reformasi adalah dengan adanya perubahan yang mendasar dalam kehidupan
saat ini, yaitu terjadinya perubahan paradigma pembangunan pemerintahan,
kemasayarakatan, sosial dan swasta menjadi ‘Paradigma Pelayanan’. Dengan
paradigma baru ini, mendorong terjadinya perubahan konsep yang sangat
mendasar dalam pembangunan.
|
5
|
Upaya
apa yang harus dilakukan suatu organisasi agar tetap exist atau mampu
menjalankan fungsinya secara optimal?
a. Fungsi
organisasi harus berjalan sesuai tujuan organisasi yang telah ditetapkan dari
masing-masing bagian dalam organisasi itu sendiri.
b. Fungsi dan
bentuk organisasi merupakan satu kesatuan bentuk yang harus dipahami dengan
benar dan tepat guna agar tercapainya tujuan organisasi dengan baik dan
benar, sesuai visi dan misi organisasi itu sendiri.
c. Perubahan-perubahan
dalam organisasi sangat diperlukan untuk mengevaluasi kinerja masing-masing
bagian, sehinngga perubahan yang mendasar itulah menjadi tolok ukur dalam
perubahan organisasi itu sendiri untuk mencapai tujuan.
|
6
|
Sebut
dan Jelaskan fungsi-fungsi manajemen ?
o
Manajemen
secara umum merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan
dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber
daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang
telah ditetapkan.
Fungsi-fungsi
manajemen adalah :
a. Menetapkan
tujuan atau serangkaian tujuan, perencanaan dimulai dengan keputusan tentang
keinginan atau kebutuhan organisasi, tanpa rumusan yang jelas, organisasi
akan menggunakan sumber daya yang tidak efektif.
b. Merumuskan
keadaan saat ini, karena tujuan dan rencana menyangkut masa yang akan datang,
manajeman harus memposisikan perusahaan mulai dari sekarang atas tujuan yang
hendak dicapai atau sumber daya-sumber daya yang tersedia untuk pencapaian
tujuan sangat penting, maka manajemen memerlukan kebutuhan
informasi-informasi keuangan dan data statistik yang didapat melalui
komunikasi dalam organisasi
c. Mengidentifikasi
segala kemudahan dan hambatan yang ada untuk mengukur kemampuan organisasi
dalam mencapai tujuan, oleh karena itu perlu diketahui faktor-faktor
lingkungan baik internal maupun eksternal, bagaimanapun sulit dialakukan,
antisipasi keadaan, masalah dan kesempatan serta ancaman yang mungkin terjadi
diwaktu mendatang merupakan bagian esensi dari proses perencanaan
d. Mengembangkan
rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan.
|
7
|
Jelaskan
pengertian efektif dan efisien ?
a. Efektif
(berdaya guna) didalam suatu organisasi adalah perencanaan yang lebih matang
dengan dirumuskan oleh lini atas manajemen di dalam organisasi. Kemudian
dijalan kan oleh berbagai lin dari atas sampai bawah. Dilanjutkan
pengendalian yang matang dan mantap dari pimpinan atau menajer atas, menengah
dan bawah, yang kemudian membutuhkan pengawasan organisasi dari bawah ke atas
dengan disiplin dan patuh kepada peraturan yang disusun dalam organisasi.
b. Efisien
(berhasil guna) didalam suatu organisasi adalah pengendalian yang matang dan
mantap dari pimpinan atau menajer atas, menengah dan bawah, yang kemudian
membutuhkan pengawasan organisasi dari bawah ke atas dengan disiplin dan
patuh kepada peraturan yang disusun dalam organisasi dengan menerapkan
prinsip-prinsip management seperti planning, organizing, actuating,
controlling dan lain sebagainya tujuan organisasi dapat diupayakan untuk
dicapai dengan lebih baik.
|
8
|
Salah
satu prinsip organisasi adalah fleksibilitas, jelaskan ?
o
Definisi
organisasi secara umum merupakan sistem kerjasama antara dua orang atau lebih
secara rasional dan sistematis untuk mencapai tujuan organisasi dan membangun
masa depan organisasi.
o
Prinsip
Fleksibilitas dalam organisasi artinya suatu organisasi yang dibangun
senantiasa pertumbuhan dan perkembangan (dinamis) sesuai dengan dinamika
organisasi sendiri (internal factor) dan juga karena adanya pengaruh di luar
organisasi (external factor), sehingga organisasi mampu menjalankan fungsi
dalam mencapai tujuannya.
|
9
|
Coba
jelaskan maksud pribahasa berikut: “Without goals, and plans to reach them,
you are like a ship that sail with no destination” (Fritzhugh Dodson)
“Tanpa
tujuan akhir, dan perencanaan, anda seperti sebuah kapal yang berlayar dengan
tidak ada tujuan” itulah perumpamaan bagi orang yang tidak punya tujuan dalam
hidupnya.
|
1 Komentar
gmn cara dupleknya untuk 261..
BalasHapus