Rabu, 11 September 2013

KUNJUNGAN KETUA RAPI PROVINSI LAMPUNG

Ketua RAPI Provinsi Lampung Hi.RIZA FACHRIAL Melakukan kunjungan dalam rangka BANKOM Lebaran Thn 2013 (1434 H) di Kabupaten Tulang Bawang.Kunjungan Ketua RAPI Lampung Hi.RIZA FACHRIAL beserta rombongan sangat di harapkan oleh anggota RAPI Kabupaten Tulang Bawang Yang melakukan tugas sosial dalam rangka membantu pemerintah dalam memantau arus mudik dan kantibmas.

Dalam kunjunganya ketua RAPI Provinsi Lampung Hi.RIZA FACHRIAL mengatakan bahwa Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Lampung semakin hari semakin eksis.Untuk menjalankan visi dan misi utamanya yakni menyalurkan informasi komunikasi apabila terjadi bencana alam, memberikan informasi mengenai wabah penyakit, dan masalah kamtibmas kepada pemerintah atau instansi terkait.

Ketua Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Lampung,Hi.RIZA FACHRIAL JZ 08 AFT menuturkan Organisasi RAPI yang tugas pokoknya antara lain, komunikasi apabila terjadi bencana alam, informasi mengenai wabah penyakit, masalah Kamtibmas. “Rapi turut ambil bagian dalam poin-poin itu. Karena RAPI terdaftar sah dilembaran negara Indonesia, Kami berkontribusi untuk pemerintah. Setiap anggota RAPI yang telah berikrar, mempunyai hak berkomunikasi di seluruh Indonesia.

Untuk tim-tim komunikasi, dikatakan Hi.RIZA FACHRIAL bahwa setiap provinsi, kota dan kabupaten sudah mempunyai tim khusus komunikasi. Tim khusus ini deberi nama Tim Reaksi Cepat (TRC) yang dibentuk oleh provinsi. “Didalam TRC itu sendiri, ada RAPI Rider, yang sewaktu-waktu apabila 10-33 atau emergency sesuatu yang sifatnya darurat, mereka ini yang menelusuri lokasi-lokasi darurat itu. Rapi Rider ini adalah untuk melengkapi tim TRC itu dengan fasilitas minimal kendaraan roda dua dan roda empat dan dibekali dengan radio yang bagus agar diperjalanan mereka bisa memberikan informasi. Dan jika ada infromasi maka akan dilanjutkan ke instansi terkait,” terang Hi.RIZA FACHRIAL.

Hingga kini fasilitas untuk RAPI Lampung. Dikatakan Hi.RIZA FACHRIAL, belum cukup namun untuk kelancaran komunikasi sudah memadahi. RAPI Lampung di backup oleh fasilitas radio pancar ulang pada freq : RX 142.110 MHz dan TX 143.510 MHz dan 1 frekuensi atau 1 repiter mampu membackup seprovinsi Lampung“Frekuensi 142.110 itu merupakan frekuensi yang dikhususkan apabila diwaktu keadaan darurat urgen yang biasa di sebut Rapi dengan kode 10-33, fasilitas ini sebagian besar digunakan,” katanya.

Disinggung soal pengembangan Organisasi RAPI kedepan, Pihaknya menilai pengembangan organisasi, tidak ada henti-hentinya. Dimana, pihaknya terus menerima masukan rekan-rekan anggota rapi, pengurus rapi, maupun calon anggota rapi. “Masukan itu positif untuk organisasi, Ya… itu yang harus kita jalankan,” lanjutnya.

Dalam hal menjaring anggota, pihaknya menambahkan bahwa setiap organisasi komunikasi itu pasti akan berusaha untuk menjaring anggota sebanyak mungkin. “Karena organisasi kita ini organisasi sosial, yang pertama-tama itu kemungkinan besar mereka harus merasa nyaman dulu, nyaman untuk mendengar setelah itu nyaman untuk berkomunikasi, setelah itu baru kita bimbing untuk menjadi anggota,” sambung Hi.RIZA FACHRIAL.

Terkait soal jaringan komunikasi penghubung, Hi.RIZA FACHRIAL mengatakan bahwa hingga kini jangkauan komunikasi penghubung terjangkau dari Provinsi Lampung, meliputi Kabupaten seluruh Lampung.

Ditulis oleh JZ 08 IBB

0 komentar:

Posting Komentar