Rabu, 09 Oktober 2013

MEMBANGUN RADIO PANCAR ULANG SEDERHANA

Radio pancar ulang atau yang akarab di sebut RPU adalah sistem kerja radio yang berfungsi memancarkan ulang.logikanya sederhana terima dan pancar....artinya harus ada dua perangkat radio yang dpat saling bekerjasama .bekerja sama yang di maksut disini adalah terima signal dan di pancarkan pada waktu bersamaan.
Kali ini saya akan berbagai bagai mana cara membuat RPU sederhana menggunakan dua unit Radio DR 135 MK III.Namun sebelumnya saya mohon maaf jika artikel ini kurang berkenan bagi saudara, tidak ada maksud lain pada artikel ini hanya berbagi bagaimana cara membuat Pancar ulang tersebut, ya paling tidak dapat memahami cara kerja dari pancar ulang itu sendiri.
Memang artikel pancar ulang dengan mengunakan DR 135 ini tidak begitu baik jika dibandingkan dengan produk brended atau yang sekelasnya yang memang menggunakan perangkat yang dibuat khusus untuk pancar ulang seperti motorola dan lain sebagainya.

 Langkah Langkah Perangkaianya adalah sebagai berikut :
  • Pertama
Langkah pertama ini kita harus pahami bahwa radio satu berfungsi sebagai input......nah pada radio inilah kita lakukan perubahan sedikit yang berfungsi untuk menggerakan PTT apa bila ada signal masuk.Kita hanya cukup sediakan beberapa komponen :
  1. 1 TR TIP 42
  2. 1 elcho 100 uf 16 v 
  3. 1 dioda  
  • Kedua 
Selanjutnya kita hanya modif sedikit kabel warna coklat kita bisa lihat pada gambar di bawah ini namun mohon maaf untuk gambarnya kurang jelas....maklum hanya menggunakan kamera hp.
di gambar tersebut terlihat ada satu dioda dan tr juga elcho....silahkan adanda lakukan perangkaian sesuai gambar tersebut......dan kabel warna putih sebagai out audio.
  • Ketiga 
Pada langkah ini kita cari pada radio kedua kabel yang warna unggu sebagai PTT dan warna Kuning sebgai audio...anda tinggal menggabungkan dua radio tersebut dengan menggunakan soket yang ada di belakang radio. 
Demikian sedikit yang bisa saya tuliskan bila ada salah atau ada yang mau kasih saran saya terima dengan senang hati.....

0 komentar:

Posting Komentar