Dalam sebuah teori di jelaskan bahwa pentingnya organisasi itu
diibaratkan sebuah mesin yang bisa mempercepat kita untuk lebih belajar
arti dari sebuah proses, baik itu oraganisasi formal maupun Non formal
karena didalamnya terdapat sebuah pembelajaran bagi pribadi kita
bagaimana cara menjadi seorang pemimpin, pembelajaran akan pentingnya
Organisasi.
Memahami pengertian organisasi penting karena dapat membantu kita untuk
membentuk suatu tim kerja atau aktifitas tertentu. Organisasi identik
dengan invidu ataupun sekelompok individu yang terstruktur dan
sistematis yagn tergabung dalam suatu system. Pengertian organisasi
adalah wadah untuk sekelompuk individu untuk berinteraksi dalam wewenang
tertentu. Organisasi yang dibentuk terdiri dari berbagai kelompok yang
memiliki kepentingan bersama untuk mencapai tujuan tertentu secara
bersama.
Siapapun memerlukan pengalaman dalam organisasi, ini dikarenakan manusia
adalah makhluk social yang pasti akan berinteraksi dengan yang lain.
Dengan bekerja sama dengan yang lain maka pekerjaan akan terasa lebih
ringan. Selain itu pekerjaan atau tugas akan lebih cepat terselesaikan
dibandingkan kita hanya bekerja seorang diri.
Pengertian Organisasi dalam arti Statis
Organisasi statis adalah gambaran secara skematis tentang hubungan
kerjasama antara orang-orang yang terdapat dalam suatu usaha untuk
mencapai sesuatu tujuan.
Pengertian Organisasi dalam arti dinamis
Organisasi dinamis adalah setiap kegiatan yang berhubungan dengan usaha
merencanakan skema organis, mengadakan departemenisasi, menetapkan
wewenang, tugas, dan tanggung jawab dari orang-orang di dalam suatu
badan/organisasi. Atau di singkat sebagai kegiatan-kegiatan
mengorganisir yaitu kegiatan menetapkan susunan organisasi suatu usaha.
Manajemen & organisasi
Manajemen adalah kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antara
manusia. Adanya sebuah hubungan antara kerjasama disatu pihak dengan
tujuan di pihak lain. Tujuan tersebut dibentuk suatu organisasi dapat
diartikan sebagai sekelompok manusia dalam suatu kerjasama yang efisien
untuk mencapai tujuan. Jadi, adanya manajemen maka harus ada organisasi.
Dengan kata lain “Organisasi adalah sebagai alat dari manajemen untuk
mencapai tujuan.”
0 Komentar